CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Selasa, 18 Desember 2007

PERBEDAAN EMAIL BERBASIS POP3 DENGAN EMAIL BERBASIS WEB

POP (Post Office Protocol) Mail Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor) dan POP3 adalah POP jenis terakhir.

a) Kelebihan :
1. Lebih mudah dalam pengarsipan, karena email disimpan dikomputer pengguna.
2. Kelebihan kedua yang dimiliki POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau OutlookExpress.

b)Kekurangan :
1. Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.
2. Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
3. Karena menggunakan komputer pribadi, besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung email dapat tak terbatas(tergantung budget pengguna)

Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

a)Kelebihan :
Karena berada pada server yang dapat dibuka dari jaringan internet,maka pemakai dapat membuka email miliknya dari sembarang tempat yang memiliki akses internet.

b)Kekurangan :
1. Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak begitu terasa. Tapibagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (karena harus selalu connect ke internet).
2. Sulit diarsipkan, karena email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu server mengalami masalah, ada kemungkinan email dapat hilang begitu saja.

Perbedaan antara email berbasis pop3 dengan email berbasis web :
1. Email berbasis pop3 memerlukan aplikasi mail client .
2. Melalui email berbasis pop3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
3. POP email harus dapat dibuka oleh komputer pengguna, sedangkan Web Based Email dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses internet.
4. Dalam kapasitas media penyimpanan, POP3 lebih besar karena ukuran penyimpanannya tidak terbatas. Sedangkan Web BasedEmail menggunakan komputer orang lain yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.
5. Email berbasis pop3 lambat, sedangkan email berbasis web lebih cepat dan handal.
6. Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di email client, sedangkan dengan menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user friendly.


Sumber : www.google.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih :)